Traveling Terdekat Ada Di Sini

PhotoGrid_1500416524284

Tadinya saya berpikir traveling ke Bali bersama keluarga kecil saya tentunya menyenangkan. Bermain pasir di pantai akan jadi pengalaman seru buat Danisha. Baginya, bermain air yang luas dan banyak pasti super seru. Selama ini ia hanya melihat lautan dari kejauhan. Sensasi bermain air di pantai/lautan akan menjadi pengalaman pertama yang berkesan. Belum lagi tandem surfing yang sangat disukai Salsa tentunya akan dengan penuh suka cita ia lakukan bersama ayahnya. Berlayar di perahu juga bisa jadi aktivitas traveling yang mengasyikan. Sedangkan buat saya, mengabadikan gambar pemandangan di pantai, membidik aktivitas orang-orang di pantai termasuk selfie ataupun wefie dan mengejar momen sunset itu pasti seru tiada tara.

Namun ternyata bukan itu. Keterbatasan waktu dan anggaran menjadi penghalang keinginan saya untuk melakukan rencana di atas. Mungkin harus menunggu saat yang tepat untuk mewujudkannya.

Kemudian saya berpikir traveling ke kebun binatang bersama keluarga kecil saya tentunya menyenangkan. Mengenal berbagai macam binatang secara lengkap dan live pastinya menjadi pengalaman tak terlupakan bagi Danisha. Binatang-binatang yang sebagian besar dikenalnya melalui tayangan teve maupun dari gambar-gambar tentunya akan memberikan sensasi yang berbeda ketika mengenal binatang-binatang tersebut secara langsung. Sedangkan bagi Salsa, mengunjungi kembali kebun binatang akan me-refresh pengetahuannya tentang fauna.

Namun lagi-lagi ternyata bukan itu. Masih ada juga kendala yang menghalangi rencana say untuk dapat melakukan traveling semacam itu dengan keluarga kecil saya. Perbedaan jam kerja saya dan suami kerap menjadi benturan untuk menyatukan niat ini menjadi kenyataan. Sekali lagi, mungkin harus menunggu momen yang pas untuk merealisasikannya.

Lalu saya kembali ke aktivitas harian saya. Mulai mengurus anak-anak dan rumah hingga bermain dan belajar bersama murid-murid saya. Sebuah kumpulan aktivitas yang mau tak mau akhirnya menjadi bagian kehidupan saya dan saya menikmati kerepotan yang ditimbulkannya. Ah, bukankah saat kita direpotkan oleh orang lain berarti orang tersebut membutuhkan kita? Bukankah saat kita dibutuhkan oleh orang lain berarti kita menjadi manfaat bagi orang lain tersebut? Apalagi orang lain itu adalah orang-orang yang kita cintai dan kasihi.

****

Siang masih terik ketika saya menjemput Salsa pulang dari sekolah. Tanpa ragu saya berbelok ke warung di sekitar sekolah. Salsa girang sekali ketika saya memintanya memilih es krim kesukaannya.

“Ambil es krim buat Ayah dan Adek juga ya, Sayang.”

Salsa mengangguk.

Danisha menyambut kepulangan kami dengan suka cita. Ia baru saja menuntaskan makan siang bersama ayahnya. Lalu kami berempat menikmati es krim bersama. Sensasi dingin dan nyess-nyess dari lelehan es krim sanggup membuat mood menjadi lebih baik. Kami tertawa-tawa, berceloteh dan berbagi kisah lucu hari itu. Tingkah polah Danisha yang menggemaskan juga tak ayal membuat suasana siang semakin cerah. Kami bahagia bersama.

Sejurus kemudian saya menyadari bahwa traveling terdekat itu ada di sini. Ada di hati kami masing-masing. Selama kami bersama, hal apapun tentunya mampu membahagiakan kami. Sehingga saya dapat mengambil pelajaran bahwa tak perlu muluk-muluk untuk traveling ke pantai, ke kebun binatang dan ke manapun jika kondisinya belum memungkinkan.

Cukup syukuri dan nikmati kebersamaan bersama keluarga tercinta sudah mampu menciptakan rekreasi bagi kami semua. Karena traveling terdekat itu ada di hati. Dan sejatinya traveling harus mampu membahagiakan hati.

 

Lots of Love,

Frida Herlina

 

Baca juga:  https://friddaherlina.wordpress.com/2016/09/06/karena-bahagia-itu-ada-di-sini/

 

#ODOPday6

#ODOPJuly2017

Indonesian Social Blogpreneur

 

One thought on “Traveling Terdekat Ada Di Sini

Leave a Reply

