[Drama Turki] Kara Sevda: Kisah Cinta Segilima a la Titanic dengan Konflik Keluarga yang Terlalu Pelik

IMG_20170422_105940-01

Prolog

Drama kisah cinta penuh konflik selalu punya warna untuk dinikmati dengan tingkat kebaperan yang kian akumulatif. Baper?

Ya Tuhan, demi apa nih tiba-tiba saya bahas drama serial a.k.a telenovela yang ujung-ujungnya sinetron juga?

Semenjak sinetron lokal merajai hampir di seluruh tv swasta tanah air di era ’90-an, saya jadi lumayan alergi dengan yang namanya sinetron. Bukan apa-apa sih, saya bete aja dengan alur cerita yang dipanjang-panjangin dan mengada-ada hingga sangat terasa khayalannya.

Bayangkan untuk satu scene adegan marah dengan penggalan dialog wajib: APAAAA??!! saja memerlukan durasi 60 detik untuk nge-zoom tokoh yang sedang marah tersebut berganti-gantian dengan tokoh yang dimarahi. Anda pasti hapal scene itu, ‘kan? Sepertinya adegan marah sejenis itu sudah menjadi scene wajib di setiap sinetron.

Belum lagi adegan lebay yang dibawakan Jeremy Thomas, yaitu selalu membawa bouquet untuk Bella Saphira sepulang dari kantor di sinetron Shangrilla. Oh, come on!

Pemberian bunga dari suami ke istri itu buat saya lazimnya terjadi di momen spesial. Jika istri menerima bouquet cantik dari suami setiap hari ya … rasanya udah enggak greget lagi. Biasa. Bukankah begitu?

Jadi kalau suami sering kirim bunga tanpa ada momen apa-apa ya lebay aja jatuhnya. Lama-kelamaan bouquet semakin banyak menumpuk terus jadi bunga layu dan jadi sampah aja, ‘kan? Duh, biar dikata kaya-raya ya enggak perlu segitunya.

Begitu juga dengan pergeseran tema cerita hingga 180° di sinetron bertajuk: Kisah Sedih di Hari Minggu yang awalnya sukses berkat akting manis dan menawannya Marshanda. Tanpa disangka-sangka sinetron drama mellow ini secara ajaib menjelma menjadi sinetron fiksi khayal tatkala salah satu tokoh yang diperankan Merriam Bellina tiba-tiba punya kekuatan super dan bisa adu tenaga sambil mengeluarkan cahaya. Ya, Tuhan. Apa-apaan nih? Jangan-jangan habis ini ada Power Rangers yang muncul pula. Duh. >.<

Kara Sevda (Endless Love)

Syahdan, pada hari Sabtu tanggal 15 April kemarin saya ingin sekali nonton tv pagi itu setelah bersih-bersih rumah. Sambil sarapan, saya cari hiburan. Setelah klak-klik remote tv segala channel tak ada satupun acara yang menarik. Hingga akhirnya saya putuskan nonton berita saja di tvone. Tapi, hey … Kenapa bisa ada telenovela di tv ini? Sejak kapan?

Oh, mungkin hanya sekilas. Mungkin sebentar lagi akan usai, begitu pikir saya. Hingga akhirnya tayangan drama yang kemudian saya ketahui dari Turki itu mengalir terus tanpa iklan. Dan seperti yang bisa diprediksi, nonton drama/sinetron/telenovela itu ibarat candu. Dampak ketagihannya pasti cepat terlihat.

Dan, yah … keesokan harinya di jam yang sama tanpa sengaja saya stay tune di tvone lagi. Drama Turki yang kemarin itu muncul lagi dengan hashtag subtitle episode 2. Oh la … la … jadi yang kemarin itu pas awalnya? Yippie …!!!

Entah sudah berapa tahun saya tak lagi menonton drama. Terakhir pernah nonton maraton sekian seasons untuk serial Gilmore Girls juga gagal saya nikmati akibat mata menjadi pedih karena mantengin film dari berkeping-keping dvd.

So, well … I think it’s ok this time I choose my own drama to watch. Unfortunately, it’s not Korean one but it’s alright. ^^ Boleh lah kali ini saya coba punya tontonan wajib yang bikin baper. Santai pagi sebelum ngajar di sore hari. Hihihi …

Meskipun saya mendapatkan tatapan mata tak percaya dari Salsa tapi saya nyengir aja dan lanjut nonton drama yang satu ini. Drama yang bertaburan aktor-aktor ganteng dan aktris-aktris cantik ini cukup memberikan vitamin A pemandangan indah bagi kesehatan mata saya. Hahay …

Per tanggal 4 Mei 2017 drama ini sudah bertengger di episode 14. Kabarnya drama ini memiliki total 70 episode dalam 2 season dan mulai tayang sejak 2015 di negeri asalnya. Ceritanya tentang …

Kisah Cinta Segilima a la Titanic dengan Konflik Keluarga yang Terlalu Pelik

Seorang gadis berprofesi pelukis yang berasal dari keluarga terpandang harus menanggalkan cintanya dan mau menikah dengan laki-laki lain ketika dihadapkan pada pilihan bahwa dia harus menyelamatkan kondisi ekonomi keluarganya sekaligus menolong adiknya terbebas dari kasus pembunuhan.

Hmm … it sounds like Rose in Titanic, huh?

Meskipun tanpa latar belakang kisah pembunuhan, Rose DeWitt Bukater juga dijodohkan dengan laki-laki yang tak dia cintai terlepas dari ketampanan dan kekayaan yang dimiliki Caledon Hokley. Cintanya justru berlabuh pada Jack Dawson, seorang pemuda miskin pelukis jalanan. Ah, tentunya Anda tahu kisah cinta segitiga di Titanic dengan sangat baik, ‘kan?

Ada lagi kisah cinta segitiga yang memberi kesan begitu mendalam baik di serial novel maupun di versi layar lebarnya bagi para Twihards. Yup, that’s right! Twilight Saga. Kisah cinta seorang anak manusia dengan vampir dan siluman serigala ini memukau hampir semua penikmat kisah cinta fantasi. Anda pasti merekam dengan baik betapa galaunya Isabella Swan menghadapi pernyataan cinta dari Jacob Black di saat hatinya tertambat erat kepada Edward Cullen, seorang vampir pujaan hatinya. Kisah cinta inipun menuai ending yang tak biasa, yang hanya bisa dinikmati dari novel dan filmnya.

Dari ranah cerita rakyat tanah air kita juga punya gadis  bernasib malang yang dijodohkan dengan laki-laki pilihan keluarganya. Siapa lagi kalau bukan Sitti Noerbaya? Kisah ini juga kisah cinta segitiga antara Samsul Bahri – Sitti Noerbaya – Datuk Maringgih. Bandingkan juga kemiripan ceritanya dengan kisah Romeo and Juliette hingga legenda Cina Sampek Engtay. Hmm … ternyata kisah gadis-gadis semacam ini ada di mana-mana di belahan dunia ini, ya. Kara Sevda sebenarnya kisah cinta segilima namun mengerucut difokuskan menjadi cinta segitiga.

Mari kita simak tokoh-tokoh di drama Kara Sevda ini:

burak-ozcivit-kemal-soydere5638a51453a5c
Kemal Soydere

Kemal adalah mahasiswa tingkat akhir dari sebuah keluarga sederhana. Impiannya hanyalah ingin membuat kedua saudara dan orangtuanya bahagia. Hidupnya monoton hanya untuk memikirkan studinya. Hingga akhirnya pertemuannya dengan Nihan di sebuah bus kota membuat hidupnya berubah. Kemal jatuh cinta dengan Nihan dan cintanya tak bertepuk sebelah tangan. Nihan pun tergila-gila dengannya. Tapi sayang, cintanya kandas di ujung jalan ketika akhirnya Nihan memilih menikah dengan Emir. Hingga lima tahun kemudian ternyata perusahaan Kemal berkolaborasi dengan perusahaan Emir untuk pengerjaan sebuah proyek. Kembali ke Istanbul untuk mengerjakan proyek ini membuat Kemal merana mengenang kisah cintanya bersama Nihan. Kerap kali mereka berjumpa dan Kemal harus bersikap profesional. Meskipun jauh di lubuk hatinya Kemal masih tetap mencintai Nihan, Kemal sering mengingkari perasaannya itu.

neslihan-atagul-nihan-sezin5638b3fe9c81a
Nihan Sezin

Nihan adalah pelukis berbakat yang kerap mengadakan pameran di mana-mana. Salah satu coretannya adalah sketsa wajah Kemal yang dia gambar secara diam-diam ketika mereka berjumpa di bus kota. Sketsa wajah Kemal inilah yang menghiasi spanduk di sebuah mall saat ada pameran lukisan. Dan Kemal yang sedang berada di sana secara tak sengaja melihat gambar dirinya menjadi salah satu pajangan. Seketika Kemal memburu Nihan dan menemukannya di sebuah cafe di acara ulang tahun Nihan. Kemal adalah pahlawan Nihan yang menyelamatkannya ketika tercebur di pantai akibat kakinya terlilit tali di perahu. Sejak saat itu mereka sering bertemu dan berteman akrab hingga saling jatuh cinta.

emir-kozcuoglu-kaan-urgancioglu562e250c69fd9
Emir Kozcuoglu

Emir adalah seorang eksekutif muda yang sukses dan tergila-gila pada Nihan. Apapun dilakukannya demi mencapai tujuannya. Sifatnya yang sangat arogan, otoriter, posesif dan mau menang sendiri sering membuat Nihan jengah dan tak nyaman bersamanya. Namun apa daya, berkat akal bulus Emir akhirnya dia berhasil menikahi Nihan meskipun tak pernah bisa memiliki hati istrinya itu. Setelah Emir tahu hubungan masa lalu Nihan dan Kemal, semakin kuat keinginannya untuk menaklukkan Nihan sekaligus mengalahkan Kemal. Emir tak akan pernah berhenti sebelum hasratnya tercapai. Emir tak pernah mengenal garis finish untuk menyerahkan Nihan kepada masa lalunya.

banu
Banu

Banu adalah sekretaris di perusahaan Emir. Perempuan ini dibutuhkan Emir hanya semata sebagai pelampiasan pemuas nafsu belaka. Emir memang bermain api dengan menjalin hubungan bersama perempuan licik yang mendapat limpahan kemewahan darinya ini. Hampir mirip dengan sifat negatif yang dimiliki Emir, Banu juga tak hendak melepas Emir dari genggamannya. Dia bertekad memiliki Emir seutuhnya dan menjadikan Emir bertekuk lutut padanya. Bahkan di satu adegan di episode 14 ini, Banu mengelus perutnya setelah meninggalkan ruangan kerja Emir. Wah …

asu 1
Asu

Asu (duh, namanya!) adalah rekan kerja Kemal sejak di Zonguldak. Perempuan yang diam-diam hingga terang-terangan menaruh hati kepada Kemal ini akhirnya menyusul ke Istanbul ketika Kemal memenangkan tender pekerjaan di sana. Tentunya Asu berharap agar dia bisa lebih dekat dengan Kemal. Awalnya Asu tampil sebagai perempuan yang manis dan pengertian. Namun sejak dia mengetahui masa lalu Kemal dengan Nihan dan menyaksikan betapa Kemal masih mencintai Nihan, serta merta dia berubah menjadi perempuan yang menyebalkan dan kerap bermesra-mesraan dengan Kemal agar Nihan cemburu. Nihan memang sukses cemburu karena sampai kapan pun hati Nihan tak pernah berpaling dari Kemal.

Baris-Alpaykut
Ozan Sezin … lemah dan labil, sangat mudah dipengaruhi Emir. ^^
Kara-Sevda-Zeynep-karakteri
Zeynep Soydere … gadis plin-plan yang oportunis
Gökay-Müftüoğlu-Kara-Sevda-Salih-Kimdir1
Salih … galau di antara cinta dan benci terhadap Zeynep
tarikk
Tarik Soydere … anak tertua yang merasa tersisih
kursat-alniacik-onder-sezin5638bcd039d14
Onder Sezin … masih mencintai Leyla
zerrin-tekindor-leyla562e269b8bbc9
Leyla … adik kandung Vildan
nese-baykent-vildan-sezin5638bc9a36e2c
Vildan Sezin … ibunya Nihan & Ozan

Epilog

Alur cerita Kara Sevda ini masih mengular panjang dengan konflik yang semakin rumit. Betapa tidak? Ozan, saudara kembar Nihan ternyata jatuh cinta dengan Zeynep, adik bungsu Kemal. Sedangkan Salih, sahabat Kemal, telah menjalin hubungan backstreet dengan Zeynep.

Belum lagi ternyata Onder, ayah Nihan dan Ozan pernah menjalin hubungan dengan Leyla di masa lalu. Leyla adalah sahabat Kemal yang sudah dianggapnya seperti ibu sendiri.

Konflik menjadi rumit tatkala Tarik menerima pekerjaan sebagai tukang cukur pribadi Emir. Siapakah Tarik? Dialah anak tertua dari keluarga Soydere alias kakak dari Kemal dan Zeynep.

Jadi gimana? Lumayan ruwet dan bikin baper juga ya, kisah Kara Sevda?? Hahaha …

Lots of Love,

Frida Herlina

pictures: karasevda.tv and twitter @karasevda
sources: imdb.com and wikipedia
Advertisements

18 thoughts on “[Drama Turki] Kara Sevda: Kisah Cinta Segilima a la Titanic dengan Konflik Keluarga yang Terlalu Pelik

  1. Kalau bintangnya turkisme kadang kita suka terlena sama kecantikan dan ketampanan bintangnya ya hihi…emak emak banget nonton telenovela

    1. Lah kan vitamin A tuh, mbak. Nonton yg bening2. Hihihi …
      Baru kali ini aku “khilaf” nonton telenovela kok, mbak.
      Hahaha …
      Sebelumnya mah males banget nonton drama2 gitu.

  2. aku sekarang jarang nonton TV. Kalo nonton drama bersambung bisa ketagihan nih pengin nonton terus sambungannya hehehe.

  3. Ya ampun. Sama Mbak. Saya juga agak gimana gitu sama sinetron itu. Ga betah lama2 nonton sih. Beda kalau baca buku. Semakin pelik ceritanya saya malah makin tertarik hehehe

    Salam Okti Li

    1. Iya, teh Okti.
      Tapi sekali ini aku “khilaf” mantengin telenovela. Gpp deh, sesekali.

      Baca buku itu nikmatnya mengalahkan nonton tv. Setuju banget, teh!

      Salam manis.

    1. *high five*

      Wah, ada penontonnya juga nih.
      Gimana nih mbak Jiah? Kara Sevda memang pelik ya kisahnya?
      Nihan ya korbannya Vildan sih. Duh, kok ada ya ibu yg tega korbankan anak demi harta dan nama baik.

      Sstt … Vildan nih mirip Cut Tari ya mbak.

  4. Beluuumm….

    beum teracuni sama drama Turki. But ini cuma amasalah waktu aja. Lambat laun kalo aku sering ketemu sama drama Turki, pasti ujung-ujungnya nanti jatuh cinta juga….macam pas nonton drama Korea.

    Asiiikk niih…
    Hiburan emak-emak di kala ingin melampiaskan 20 ribu kata per-hari.
    Hiihiii….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s