Nge-blog Jadi Semangat Kalau Memang Sudah Niat

blogging-15968_640-01

Aktivitas menulis itu mengasyikan bagi sebagian orang. Baik itu menulis puisi, cerpen, cermis (cerita misteri), cerbung, cernak (cerita anak), novel, lirik lagu maupun nge-blog. Bagi orang-orang yang dominan kecerdasan verbalnya, tentunya aktivitas menulis dapat menjadi ajang aktualisasi diri untuk lebih eksis berkontribusi kepada khalayak tentang dunia penulisan. Menulis juga dapat menjadi media terapi yang ampuh bagi beberapa orang. Selain aktualisasi diri, menulis juga menelurkan rasa lega.

Rasa lega ini tentunya diperoleh dari tulisan-tulisan yang bermuatan curhat. Dan salah satu media online yang memfasilitasi hasrat curhat ini adalah blog.

Seiring perkembangan zaman, nge-blog menjadi aktivitas yang semakin diminati banyak orang. Kalau Anda berada di komunitas blogger, Anda akan jumpai banyak sekali blogger yang bertebaran di tanah air ini. Dan kategori famous blogger tak melulu didominasi blogger ibukota lho. Sebut saja nama Pungky Prayitno, Grace Melia, Widyanti Yuliandari, Langit Amaravati, dll. adalah beberapa nama blogger hits dari luar ibukota. Mereka bisa sampai hits begitu tentunya karena sering menulis konten viral dan cetar. Konten berbobot tentunya hadir dalam dampingan penyemangat.

Apa aja sih penyemangat saat nge-blog?

Jawaban dari pertanyaan di atas pastinya sangat beragam tergantung kondisi blogger masing-masing. Mungkin buat beberapa blogger akan semakin semangat nge-blog ketika didampingi alunan lagu favorit atau bahkan camilan favorit. Duh, kalau saya nge-blog ditemani camilan favorit yang ada malah terciptalah kegiatan semangat ngemil bukan semangat nge-blog. Jadi, menyediakan camilan saat nge-blog itu BIG NO buat saya.

Nge-blog jadi semangat kalau memang sudah niat. Itu bagi saya lho. Saya sih enggak neko-neko menciptakan suasana nge-blog di kamar yang wangi dan bersih, pakai laptop terkini dengan kuota internet full, duduk manja di sofa empuk maupun gegoleran di atas permadani, dikipasi dayang-dayang sambil disuapin nachos. Oh, it’s a perfect picture! It’s too good to be true, though.

Saya cuma semangat nge-blog kalau sudah ada niat. Itu. It’s just as simple as that.

Mau tahu medan blogging saya? ^^

Saya bisa nge-blog ketika selesai mengajar sekitar ba’da maghrib. Tapi saya harus memastikan bahwa Danisha (2,5 tahun) sudah makan malam. Jika dia belum makan malam, maka saya harus menyuapinya dahulu sambil nonton tv. Selesai makan, giliran saya beraksi di depan PC. Untuk postingan wajib (a.k.a sponsored post) saya membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mengetik dan editing hingga publish. Hmm, itu kalau lancar, ya. Kalau plus drama yaa pakai acara ditemani Danisha pencet-pencet keyboard sambil bertanya, “Ini apa?” berulang-ulang. ūüėĄūüėā

Di lain waktu, saya bisa nge-blog via ponsel. Saya akui, nge-blog via ponsel ini perkara susah-susah gampang. Apalagi layar ponsel saya ini lebarnya belum sesuai ekspektasi. Jadi lebih banyak ribetnya karena ruang gerak jempol lebih terbatas. Anehnya, setelah beberapa kali dikondisikan nge-blog via ponsel ini membuat saya memiliki kecepatan mengetik lumayan lebih cepat bahkan dalam keadaan display tertutup feature lay-out blog akibat layarnya yang cukup mini tersebut.

Meskipun ribet, ada beberapa keuntungan nge-blog via ponsel bagi mom blogger seperti saya, yaitu:

  1. multitasking

Sepertinya menjadi multitasking menjadi semacam “kutukan” bagi banyak wanita. ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬†Pengalaman membuktikan bahwa saya bisa nge-blog sambil ngASI, garuk-garuk ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬†punggung Danisha, nonton tv bahkan sarapan. Namun saya akan angkat tangan ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬†jika harus nge-blog dan menyetrika, nge-blog dan menyapu/mengepel bahkan nge- ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬†blog dan mengajar. Tentunya saya akan memilih salah satu. Realistis aja lah. Tak ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬†semua hal dapat dipadupadankan dalam kemasan multitasking.

2. draft storage

Atas nama posisi mengetik yang benar demi kesehatan, saya memang                                    membiasakan diri menggunakan PC. Mungkin laptop juga tak masalah tapi laptop            juga menggoda untuk dilanjut mengetik sambil tiduran. Yang menjadi                                    kekhawatiran terbesar saya hanyalah pemadaman aliran listrik. Draft yang sudah              ready di PC akan menjadi sia-sia karena tak dapat di-publish saat listrik padam.                  Petaka ini bisa menjadi insiden yang mendebarkan jika menyangkut urusan                        pekerjaan di detik-detik menjelang deadline. Hal ini dapat diatasi jika saya langsung          mengetik di ponsel. Draft akan tersimpan aman dan siap publish ketika amunisi                  kuota internet terlengkapi.

3. faster

Semua artikel yang tuntas diketik dan diedit dapat langsung di-publish. Beres!                      Pekerjaan dapat selesai lebih cepat.

Selain keuntungan nge-blog via ponsel tersebut tentunya ada “harga” yang harus dibayar, seperti: jari-jari tangan terasa pegal hingga sampai ke bahu, leher ngilu, mata lelah hingga nyeri punggung.

Bila alarm tubuh telah “berbunyi” seperti itu, alangkah eloknya jika kita meluangkan waktu untuk mendengarkannya. Apa sih yang dibutuhkan tubuh? Tentunya paket perawatan massage a la spa dapat menjadi jawabannya. Tapi bagi saya saat ini hal tersebut menjadi semacam polemik antara ekspektasi versus realitas. Jadwal me time masih terasa sempit. Well, semoga di lain hari dapat terwujud.

Terlepas dari hal apapun yang menyertai, meskipun badan pegal-pegal dan sebagainya, nge-blog bila sudah niat yaa tetap aja dijalani. malah jadi lebih semangat dengan adanya niat yang kuat. Ini kisah saya.

Bagaimana dengan kalian? Apa sih yang jadi penyemangat nge-blog? Silakan berbagi di sini, ya.

Baca juga: Nge-blog Makin Asyik, Asal …

Lots of Love,

Frida Herlina

Leave a Reply

