Dukung Tumbuh Kembang Si Kecil dengan Bereksplorasi, Siapkan juga Dancow Advanced Excelnutri+

Prolog

Ada satu jenis iklan di televisi yang saya tunggu-tunggu ketika sedang bersantai bersama Danisha (2,5 tahun), anak bungsu saya. Iklan apa itu? Tentunya iklan susu. Mengapa? Karena saya sedang dalam proses menyapih Si Kecil ini. Demi bisa menyapih dengan cinta (Weaning With Love) padanya, saya tidak (belum?) melakukan hal-hal yang pernah saya lakukan ke Salsa (kakaknya) dulu saat menjalani penyapihan. Salsa yang berjarak usia 11 tahun dengan adiknya ini mengalami “paksaan” saat disapih di usia menjelang 2 tahun. Hal itu terjadi karena saya harus kembali bekerja di luar setelah “cuti” selama 2 tahun. Lain halnya dengan Danisha. Saya tidak perlu meninggalkan dia lama di luar untuk bekerja karena saya memang bekerja di rumah. Sehingga dia cukup longgar menerima ASI eksklusif dan ujung-ujungnya saya sendiri terbentur drama penyapihan.

Saya harus kuat untuk melepaskannya karena saya harus realistis bahwa Danisha tak selamanya jadi anak kecil. Sekian tahun tak pernah lagi menggendong bayi, membuat saya merasa memiliki “mainan baru” ketika Danisha hadir di tengah-tengah keluarga kecil saya. Hingga akhirnya saya keasyikan menimang-nimangnya dan lewat 2 tahun sudah masa menyusui ini. Kali ini saya harus berteguh hati menyapihnya (setelah ulang kali gagal). Dan untuk menyapihnya, saya harus cermat memilih nutrisi yang tepat untuk pertumbuhannya. Selepas masa menyusui maka saya harus menyiapkan susu pertumbuhan yang dapat memberikan perlindungan menyeluruh sehingga tenang hati saya.

Maka setiap kali saya dan Danisha menonton iklan susu di televisi serta merta saya sisipi himbauan pesan verbal bahwa minum susu itu enak, minum susu itu asyik, dan minum susu itu tandanya sudah jadi anak besar. Tentunya saat berkata demikian, saya juga menyiapkan susu pertumbuhan yang tersedia di rumah untuk diminumnya.

“Tuh, lihat. Ada anak-anak minum susu. Danisha juga minum su …”

“… cu.”

“Minum susu pakai ge …”

“… yas.”

“Danisha sudah be …”

“… cal.”

“Dadah ne …”

“… nen.”

Lalu Danisha dengan suka rela menghabiskan susu pertumbuhan yang saya berikan. Sayangnya, kerap kali saya belum beruntung. Entah karena belum menemukan rasa susu yang cocok (ada beberapa merk susu yang dicoba selama ini) ataupun karena belum begitu mood untuk minum susu banyak-banyak. By the end of the day, my Danisha just came to me and said, “Bunda, Danicha mau nenen.”

Duh!

Hingga suatu hari, Danisha membawa-bawa payung kecilnya lalu berlari menghampiri saya sambil berkata, “Bunda, boweh?”

“IYA BOLEH,” sahut saya sambil tersenyum dan membuka payung untuknya. Tak lama, dia pun asyik bermain tenda-tendaan, berteduh di bawah payung bersama boneka-bonekanya.

Di saat yang bersamaan, di layar televisi saya sempat menangkap adegan anak-anak kecil berteduh di bawah payung lalu bersorak gembira karena boleh main hujan-hujanan. Pantesan! Anak-anak memang peniru ulung.

Eh, itu ‘kan iklan Dancow?

DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+ Melindungi Si Kecil Bereksplorasi

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Di saat sedang mencari-cari susu pertumbuhan yang cocok untuk Danisha, saya mendapat undangan sekaligus kesempatan emas untuk mengikuti acara Dancow Explore Your World di Atrium Royal Plaza Surabaya pada 1 – 2 April kemarin. Wajar bila saya menyambut antusias acara ini karena saya ingin tahu lebih banyak tentang DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+ yang diluncurkan di hari tersebut.

Acara dibuka dengan operetta yang manis tentang tangguhnya Dancow Advanced Excelnutri+ yang menjadi tameng perlindungan Si Kecil saat beraktivitas maupun di saat istirahat. Karena mayoritas pemain operetta ini anak-anak, segmen ini menarik perhatian Danisha untuk bisa duduk manis bersama saya (sebelumnya dia merengek minta main ke Smart City tepat saat acara baru saja dimulai). Ditunjang dengan kostum lucu-lucu berbentuk bunga putri malu, kupu-kupu, bakteri jahat yang berperang dengan bakteri baik di dalam perut dan lain-lain, pesan moral yang ingin disampaikan sangat mengena bagi anak-anak. Kesadaran dan kemauan untuk minum susu di usia pertumbuhan sangat baik untuk digalakkan.

20170401_133525

Kemudian parenting talkshow sebagai acara inti yang sangat dinanti-nanti oleh Ayah Bunda yang tumpah ruah memenuhi area, meluncur dengan hangat ketika Shahnaz Haque yang bertindak sebagai moderator acara mulai menyapa para pengunjung yang hadir. Sedangkan para nara sumber/pembicara yang turut menyemarakkan talkshow tersebut adalah; Psikolog Ratih Ibrahim, DR. dr. Roedi Irawan, M.Kes, SpA(K) dan Riza Nopalas selaku Senior Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri+ Nestle Indonesia.

IMG_20170402_144804

20170401_135441

Ada 3 elemen utama yang sangat digarisbawahi oleh ketiga pembicara tersebut berkenaan dengan bekal perlindungan untuk tumbuh kembang Si Kecil, yaitu:

  1. Nutrisi
  2. Stimulasi
  3. Cinta kasih Bunda dan Ayah
IMG_20170401_212043
Bersama Psikolog Ratih Ibrahim

Psikolog Ratih Ibrahim memaparkan bahwa dengan memberikan nutrisi, stimulasi dan cinta kasih maka kita mengantarkan anak menjadi pribadi yang baik. Karena anak itu berharga, anak adalah karunia Allah dan menjadi orang tua adalah berkat dan amanah Allah.

Eksplorasi adalah bagian dari proses stimulasi. Karena dengan bereksplorasi Si Kecil menemukan macam-macam hal, Si Kecil pun belajar dan dengan belajar maka dia menjadi pribadi yang utuh dan mandiri. Yang penting, pada saat kita berikan Si Kecil stimulasi, kita beri ruang pada Si Kecil untuk bereksplorasi. Kita harus yakin bahwa lingkungannya aman dan Si Kecil terlindungi.

Proses saat eksplorasi itu tidak mudah. Dengan bereksplorasi, kita bantu Si Kecil agar semua potensinya bisa terbuka. Yang sering kali menjadi kendala saat Si Kecil bereksplorasi adalah Ayah dan Bundanya. Banyaknya larangan dan kata “jangan” justru memiskinkan kreativitas anak untuk belajar. Maka dari itu, Ayah Bunda harus belajar berkata IYA BOLEH kepada Si Kecil. Karena anak yang sehat adalah anak yang bereksplorasi dengan gembira.

Penuturan panjang dari Psikolog Ratih Ibrahim di atas juga sejalan dengan pemaparan dr. Roedi bahwa stimulasi perkembangan anak harus didukung oleh nutrisi yang baik. Kita tahu bahwa di dalam nutrisi ada makronutrien dan mikronutrien yang dapat membentuk anak menjadi kuat, sehat dan cerdas karena adanya immune response system yang bagus.

Maka sistem pencernaan Si Kecil harus menjadi sorotan utama mengingat semua makanan dari luar pasti masuk melalui sistem pencernaannya maka harus kuatlah ususnya. Adalah bakteri baik bernama lactobacillus rhamnosus yang dapat menjaga saluran pernapasan dan saluran cerna Si Kecil. Menjaga asupan bakteri baik seperti ini sangat penting karena tubuh yang terlindungi dapat menjadi fondasi fundamental untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisik Si Kecil yang tentunya sangat vital dalam fase tumbuh kembangnya.

IMG_20170403_084138
dr. Roedi (kanan) dan Riza Nopalas

Hingga Riza Nopalas melengkapi, “Oleh karena itu, kami harap inovasi terbaru kami yang didukung oleh Nestle Research Center ini dapat membantu Si Kecil mencapai tumbuh kembangnya yang optimal dari sisi nutrisi.”

Fantastis! Ini ilmu parenting yang luar biasa bagi saya. Semua Ayah Bunda yang hadir di sini sangat bersemangat belajar tentang tumbuh kembang Si Kecil. Sesi tanya jawab pun riuh disambut.

Dan yang bikin happy, acara ini bukan hanya ditujukan untuk Ayah & Bunda lho, tapi juga untuk Si Kecil karena ada banyak arena permainan yang tentunya mendukung Si Kecil (khusus berusia 1 – 8 tahun) untuk belajar bereksplorasi.

Arena apa saja itu?

  • Central Park

Ini adalah arena petualangan. Sebelum memasuki area ini, untuk lindungi Si Petualang Kecil maka harus mengenakan jas hujan warna kuning polkadot dan dibekali tab yang terbungkus plastic case. Jadi ceritanya nih, anak-anak seolah main hujan-hujanan sambil mencari binatang yang tersembunyi. Penataan area yang mirip mini park lengkap dengan karpet rumput dan tanaman serta beberapa animal figures  semakin menghidupkan suasana. Danisha serius banget cari-cari binatang yang muncul dengan teknologi augmented reality dari layar tab. Ada kupu-kupu, burung merak dan kelinci yang bergiliran muncul. Saat asyik mencari binatang, tiba-tiba terdengar suara gemuruh pertanda hujan akan turun. Langit dengan mendung gelap yang terpampang di layar LCD raksasa menambah rasa mencekam. Setelah suara air hujan terdengar, tak lama kemudian muncullah pelangi di layar LCD tersebut. Wah, kayak lagi main di luar nih.

20170401_113716

 

20170401_113505
Burung meraknya muncul tuh.
20170401_114105
Horeee … ada pelangi!
  • Smart City

Di hari pertama, arena ini ramai dikunjungi anak-anak. Mereka antusias membangun kota Dancow dengan versinya sendiri. Demi melihat lego yang berlimpah, Danisha juga larut dalam keasyikannya memadupadankan lego sesukanya. Di rumah juga sering bikin mobil-mobilan pakai lego sama ayahnya, sih. Hahaha … Meskipun sudah main di Smart City sebelum acara dimulai, hingga saat talkshow berlangsung pun Danisha merengek minta ditemani main lego di situ lagi.

“Bunda, main wedo boweh?” (Bunda, main lego boleh?)

“IYA BOLEH, Sayang.” *berhenti cekrek-cekrek dulu deh*

IMG_20170403_083958

  • Art Center

Di sini Si Kecil bisa melakukan aktivitas hand painting dan mengikuti story telling yang dibawakan oleh kakak pendamping dari Dancow. Baru di hari kedua lah Danisha berkesempatan mengunjungi arena ini. (Di hari pertama setelah bermain di Central Park dan Smart City, saya langsung fokus meresap ilmu parenting di acara talkshow. Danisha juga ikut fokus main tebar-tebar confetti di panggung bersama anak-anak yang lain kok. Jadi, sama-sama fokus lah kita. Hahaha …)

Setelah memilih cat warna pink, Danisha pun menempelkan telapak tangannya ke atas kertas. Kemudian tim kreatif Dancow mengubah hand painting tersebut menjadi lukisan binatang yang lucu. Nah tuh Danisha dapat lukisan apa ya dari cetakan telapak tangannya?

20170402_190928

  • Play Park

Ini juga arena bermain yang baru bisa dikunjungi Danisha di hari kedua. Di sinilah anak-anak bisa bermain sepuasnya. Untuk anak usia 5 tahun ke atas, lompat-lompat di atas trampolin dan bergelantungan di monkey bar tentunya menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan. Sedangkan untuk anak seusia Danisha, berjalan di jembatan, mandi bola hingga main seluncur di perosotan play house juga tak kalah asyik. Seneng banget melihat Danisha menikmati arena permainan-permainan tersebut. Tak henti-hentinya dia tertawa dan memunguti bola plastik yang berceceran keluar kolam. Meskipun di kolam bola juga ada anak-anak kecil yang lain, Danisha bisa tuh bermain bersama, mulai mengenal konsep berbagi dan tidak mendominasi. Ternyata, saat bermain terdapat proses belajar yang penting untuk dialami Si Kecil. Bermain sambil belajar seperti ini dapat mengasah kemampuan kognitifnya untuk berkembang lebih baik.

20170402_185021

20170402_184824

Selain arena permainan di atas, terdapat juga Consultation Corner untuk para Ayah Bunda yang ingin mendapatkan informasi mengenai tumbuh kembang Si Kecil. Ada juga photo booth, lho, yang antrinyaaaa … panjang sekaleee. Kok jadi khawatir Danisha enggak sabar ya, kalo ikutan antri. Dan lebih enggak sabar lagi saya demi mendengar dentingan gitar Eros SO7 saat naik ke atas panggung. Disusul alunan suara Duta yang aw … aw … aw … sanggup menghipnotis seluruh penonton dari lantai bawah hingga lantai atas di Royal Plaza membuat acara Dancow Explore Your World berakhir manis. Penampilan Sheila On 7 selama satu jam itu benar-benar memukau warga Surabaya.

 

Sebelumnya roadshow Nestle Dancow Explore Your World ini telah dilaksanakan di Medan pada 4 – 5 Maret lalu dan menuai sukses di Surabaya tempo hari. Nantikan juga kehadiran Nestle Dancow Explore Your World di 4 kota lainnya. Catat tanggalnya, ya!

  • Jakarta: 29 – 30 April 2017
  • Semarang: 5 – 6 Agustus 2017
  • Solo: 9 – 10 September 2017
  • Makassar: 7 – 8 Oktober 2017

Epilog

“Bunda, Danicha mau minum cucu boweh?”

“IYA BOLEH. Susu Dancow, ya?”

“Iya.”

Saya tersenyum melihat Danisha yang semakin suka minum susu sepulang acara Dancow Explore Your World. Rupanya acara itu berkesan sekali buatnya sampai tak henti-hentinya dia melonjak-lonjak dan berseru, “Sama … sama,” setiap melihat iklan Dancow di televisi. Iya, maksudnya sama gitu lho susu yang dia minum dengan susu yang ada di iklan. Hihihi … lucu deh.

Kepada Nestle Dancow saya percayakan nutrisi terbaik untuk Danisha. Kepada Nestle Dancow saya titipkan pertumbuhan dan perkembangan Danisha.

Karena saya yakin bahwa Nestle Dancow yang telah beroperasi selama lebih dari 150 tahun ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat.

Sekarang saya lebih mantap menyapih Danisha. Karena aku dan kau suka Dancow.

IMG_20170403_084031

 

Lots of Love,

 

Frida Herlina

Advertisements

25 thoughts on “Dukung Tumbuh Kembang Si Kecil dengan Bereksplorasi, Siapkan juga Dancow Advanced Excelnutri+

  1. Tfs mbaaak fridaa. Jadi kangen minum susu dancow. Dulu pas kecil selalu minum susu dancow sebelum berangkat sekolah. Hehehe. .

    Sepakaat mbak, semakin dibatasi anak semakin takut untuk mengeksplorasi. Pengawasan ditingkatkan juga biar anak-anak tetap aman. hehehe

    1. Wah, kalo nonton SO7 Bundanya Danisha jg mau lah. Hahaha …
      Tapi sayang, tempo hari tuh yg nontooon tumpah ruah dari atas sampe bawah.
      Aku ga maksain lah, mbak. Kasihan anak2 kalo dibelain nonton sambil tergencet2 gitu.
      Akhirnya kami melipir aja ke KFC. Lumayan, sambil makan dihibur lagu2 SO7. Terutama JAP tuh. Dahsyat sambutannya!

      Ayo, ajak Sid di roadshow berikutnya, Mbak Helena.

  2. wah danisha hebat bisa disapih tanpa paksaan, btw tapi susah juga yaa nggak bilang jangan atau ngelarang anak kan kita larangnya demi kebaikannya juga jangan sampai terluka, dsb

    1. Kalo aku sih utk hal2 yg emergency seperti: main colokan kabel maupun lubang steker listrik termasuk pencet tombol kompor ya pasti melarang anak lah.
      Diberi aktivitas pengganti, tepatnya.
      Kalo sekadar lari2, lompat2, masak2an dll yaa aku bolehin, mbak.

      Btw ini Danisha msh proses sapih kok. Doain yaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s