Blogpreneur Juga Punya Laporan Keuangan

2016-09-11_06-08-07

Pernah dengar kata “Blogpreneur”? Bagi Teman-teman yang sering blogwalking dan juga berprofesi sebagai blogger, tentunya “blogpreneur” ini bukan kata asing untuk dipahami. Kata “blogpreneur” adalah salah satu contoh portmanteau (lakuran) yang sekarang sedang hits di dunia digital saat ini. Apa itu “portmanteau”? Apa itu “blogpreneur”? Sebelum kita bahas lebih jauh yuk, kita simak uraian berikut.

Terminologi

Jadi, “blogpreneur” adalah salah satu portmanteau (lakuran) dalam Bahasa Inggris seperti halnya kata:

  • brunch (breakfast + lunch)
  • infotainment (information + entertainment)
  • edutainment (education + entertainment)
  • vlog (video + blog)
  • blog (web + log)
  • webinar (web + seminar)
  • emoticon (emotion + icon)
  • phablet (phone + tablet)
  • malware (malicious + software)
  • spork (spoon + fork)
  • dll. dst.

Nah, tentunya Teman-teman sudah akrab dengan contoh portmanteau di atas, kan? Iya, kata-kata tersebut disebut portmanteau. Baru tahu? 😀  😛

Lalu, bagaimana dengan “blogpreneur”? Artinya apa sih?

  • Blogpreneur (blog + entrepreneur) >> blog adalah aplikasi web berupa tulisan yang bisa diakses oleh siapapun secara world wide, sedangkan entrepreneur adalah pengusaha/pebisnis. Jadi kita dapat artikan secara bebas bahwa blogpreneur adalah orang yang berbisnis atau mencari penghasilan melalui blog.

Emang bisa? Bisa banget! Di era digital seperti sekarang ini, sudah hal yang jamak bila profesi blogpreneur semakin booming. Bekerja bukan lagi harus melulu duduk manis di kantor dan hadir secara fisik namun bisa juga dilakukan di rumah selama masih terhubung dengan koneksi internet.

Wah, enak ya jadi blogpreneur? Enggak perlu repot dandan dan pakai baju rapi dong saat kerja. Untuk keribetan persiapan kerja memang jadi blogpreneur lebih enak. Santai lah enggak usah  pakai dress code kerja. (Eh, tapi kalo ada appointment dengan klien yaa harus tetap dandan rapi lah.) Tapi untuk urusan kerjaan, tetep aja lho urusan komitmen, profesionalisme dan integritas harus dijunjung tinggi. Sebagaimana yang kerap disadari oleh para blogger/blogpreneur profesional, personal branding itu penting. Bila disandingkan dengan para jurnalis yang juga mencari nafkah lewat dunia tulis-menulis, jurnalis memang akan selalu membawa bendera perusahaan di manapun dia bertugas. Dengan kata lain, jurnalis itu adalah cerminan company profile. Bagaimana kiprahnya dia saat bekerja di lapangan bakal menjadi acuan orang lain untuk menempelkan label pada perusahaan tempat jurnalis itu bekerja. Entah itu label positif atau negatif semua berpulang pada working attitude si jurnalis tersebut.

Beda halnya dengan blogpreneur. Ke manapun dia bekerja maka yang disandang adalah nama baik atau reputasi dia sendiri. Dengan kata lain yaa personal branding itu tadi. Jadi, seorang blogpreneur harus punya performance yang prima saat berhubungan dengan klien dan menyelesaikan tugasnya dengan sempurna. Attitude juga penting, lho! Jaga attitude terutama saat berkicau media sosial kalo masih mau dikontrak brand untuk jangka panjang. Itu!

Blogpreneur Hits Abad Ini

Jangan pernah bosan membaca, mendengar dan melihat kiprah para blogpreneur yang 4 L, ya! Lo lagi, lo lagi! 😀 Hahaha… Kalo memang Teman-teman mau ikuti jejak sukses para blogpreneur ini yaa, kepoin akun medsosnya atuh. Kan kita dalam rangka meng-upgrade kemampuan diri dalam dunia blogging sampai bisa jadi blogpreneur profesional, jadi yaa…harus banyak-banyak belajar lah dari blogpreneur yang 4 L ini. Psst, kabar serunya mayoritas blogpreneur ini adalah para perempuan lho. Ibu rumah tangga lho. Jadi apa ini artinya, Saudara-saudara? Perempuan juga bisa maju dan melek teknologi sekaligus menghimpun pundi-pundi rupiah dengan modal rajin nge-blog, punya perlengkapan nge-blog plus koneksi internet! Cihuyy…ini kan asyik banget! Girls power!!!

Berikut beberapa nama blogpreneur perempuan “4 L” yang hits abad ini:

  1. Shintaries Nijerinda

fb_img_1473626513252

Blogpreneur satu ini laris-manis dikontrak brand. Bahkan dalam kasusnya pernah sampai menolak dikasih produk kosmetik lagi karena produk yang di rumah belum habis. Mubazir, katanya. Aaaakkk… *mupeng* Gimana, kalo produknya buat akyuuu… *disambit invoice* 😀  Silakan kepoin postingan sponsored post-nya yang bejibun dan bikin “nganan” (Eh, gue sih ngiri positif lah. Makanya nganan.) di http://www.shintaries.com.

2. Haya Aliya Zaki

fb_img_1473626892459

Mom blogger kondang yang sering diundang brand di mana-mana ini udah semakin profesional dengan pengelolaan keuangan hasil dari blogging yang dicatat secara rutin. Blogpreneur yang humble ini sering bagi-bagi tips menulis di forum, lho. Pokoknya kalo deket-deket dia bakal ikutan pinter deh. Simak tulisan sponsor post-nya di http://www.hayaaliyazaki.com.

3. Ani Berta

_20160912_040011

Siapa tak kenal dia? Boy anak orang kaya. Blogpreneur yang akhirnya resign dari pekerjaan kantoran demi totalitas di dunia blogging ini semakin melebarkan sayap dengan berbagai petualangan manis ke berbagai pelosok tanah air. Salah satu perjalanannya adalah mengunjungi Lembata, NTT. Tentunya tetap ada misi sosial dong. Tapi yaa itu tadi. Travelling karena blogging! Duh, asyik banget, ya! Baca lebih lanjut kisahnya di http://www.aniberta.com

4. Zata Ligouw

fb_img_1473627021175

Mom blogger cantik dengan tiga anak yang mengusung gaya hidup healthy lifestyle ini semakin hits dan berjaya di media sosial. Hampir selalu ada kehadirannya di berbagai acara yang diundang brand. Ya iyalah, masa diundang kok enggak datang? Ya kalee gue, belum diundang malah pengen datang. >.< Udah, ah. Kepoin aja kiprahnya di http://www.zataligouw.com ya!

5. Caroline Adenan

_20160912_035936

Inilah mom blogger yang juga famous beauty blogger ini barusan ikut acara launching Asus Zenvolution di Bali pada tanggal 7 – 8 September kemarin. (Eh, Shintaries juga ikutan ding.) Enggak cuma jalan-jalan gratis ke Bali tapi juga bawa pulang smartphone Asus yang keren itu jugaaaa. Aaakk… *mupeng tingkat dewi* Hanya karena menjadi blogger lho. Duh, berkah nge-blog banget nih! ^^ Boleh meluncur ke http://www.catatanoline.web.id untuk baca lebih lanjut.

Itu tadi beberapa nama yang bisa saya contohkan di sini, ya. Nama-nama yang lain masih banyak! Bisa-bisa tujuh postingan juga enggak bakal kelar deh untuk bahas Most Famous Female Blogpreneurs ini. Belum yang Male Blogpreneur-nya. Makanya ikutan komunitas blogging atuh kalo mau cari semangat-semangat kayak gini. Banyak kok di Facebook.

Lalu, apakah semua blogpreneur di atas itu punya laporan keuangan? Jawabannya, punya. Dengan lancarnya cash flow dari hasil nge-blog tentu akan bijak bila memiliki laporan keuangan. Untuk siapa? Ya, untuk blogpreneur itu sendiri lah supaya jelas track record perjalanan monetizing blog-nya selama ini.

Kayak apa bentuk laporan keuangannya?

Japri mereka aja, ya! Masa iya, saya harus obok-obok rezeki orang. Kepo banget! 😛

 

Lots of Love.

Frida Herlina

 

Profile pictures courtesy by Facebook

 

 

 

 

Advertisements

27 thoughts on “Blogpreneur Juga Punya Laporan Keuangan

  1. Ohmaigaaaat.. mba Frida, It’s my pleasure to have my blog write on your blog, thank you 🙂
    Semoga apa yang aku lakukan bisa bermanfaat dan menjadikan inspirasi bagi orang banyak ya.

  2. seriusan kaget ngeliat ada namaku di sini.., beneran loh mba Frida, tersanjung (10), terharu, dan termotivasi bacanya…, makasih yaaa… semoga kita semua makin sukses, aminnn…

  3. Wuih keren ya pake laporan keuangan. Aku mah masih semberandal-semberandul. Hehehe… masih recehan dapetnya. Tapi kalo untuk seleb blog yang femes kayak di atas mah iya, laporan wajib. Biar bisa ditabung ya, mbak. Tfs…

  4. Ketika blog bisa menjadi salah satu alat untuk menghasilkan materi memang menyenangkan ya.
    Saya juga sudah menikmati walau baru dari hasil lomba, job review, dan iklan kecil-kecilan.
    Salam hangat dari Jombang

  5. Wah, jadi sadar kalo selama ini gak pernah tuh nyatet or bikin laporan keuangan. Mentang-mentang punya hape dan ada m-BCA, bunda pikir bisalah itu dijadiin catetan or track-records, gitu. Eeeh, pas hape ilang, njur piye? Gigit forefinger-lah, hiks. Mulai sekarang mau diinget-inget a.k.a. flash-back segala income. Etapi, jangan salah soal zakat mah selalu atuh langsung dikeluarin, booo…gak pernah dipending. Koq? Iya, karena ada tetangga yang deket banget dan bunda tau segi ekonominya. Frida, keren postingannya, maksute kontennya itu lho berbobot. #beratbanget. Thank you.

    1. Ayo, Bunda, semangat bikin laporan seperti blogger kece di atas! Bunda mah income-nya ngalir terus yaa. Salam sukses!
      Sip mantap! Zakat ga pernah telat. Membantu tetangga dekat pasti lebih terasa manfaatnya ya, Bunda.
      So inspiring! ^^

      Konten ini berbobot karena pas ngetiknya pas lagi gendong beras nih plus daging qurban. Hik…
      Jadi berat gitu deh bobotnya.
      Thanks for such motivating words, Bundaaaa…😘😍

    1. Akronim itu kata baru yg dibentuk dari huruf awal suatu singkatan. Contoh: ABRI –> Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. (Aih, jadul mak!) Kita kan baca kata tersebut yaa abri, bukan a-be-er-i.
      OPEC –> Organization of Petroleum Exporting Countries. (Nah, ini ga begitu jadul deh.) Kita juga baca kata ini yaa opec, bukan oh-pee-ee-see.
      Jadinya akronim membentuk kata baru gitu deh, mbak Ade.

      Kalo portmanteau kan ga ambil dari huruf depan tapi cenderung ke suku kata atau penggalan suku kata. Seperti: blog –>> yg artinya web log.

      Gitu sih, mbak.
      CMIIW. ^^
      Aku juga masih belajaran kok.

  6. Asik blogpost baru lagi nih. Etapi pas lagi seru-seru bacanya eeh.. kok nggak ada bocoran tips ngelola keuangan ala brogpreneurnya… Ayo lanjutin part ke-2 nya mbaak.. Jangan buat aku patah hati.. *ngurek2 tanah*

    1. Ghiiii … Kamu nih kok suka yg bocoran2 siihh?? Kebanyakan urek2 tanah neeh. Rempong ah kalo bocor. 😂😂

      Tinggal lihat arah mata angin yak. Kan lumayan tuh kalo bisa dapat luberan-banjiran, lebih gede dari bocoran dah. 😜😜

      Wish me luck!😍😘

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s