Perlengkapan Nge-blog a la Blogger Hits

2016-09-05_20.29.50

Sosoknya yang tenang dan menawan sudah mencuri perhatian sebelum kakinya melangkah memasuki ruangan. Meskipun belakangan ini diketahui mengaku tomboy, blus fuschia cerah dan rok denim serta balutan hijab warna gelap justru menampakkan sisi femininnya. Mata lentiknya yang selalu tersenyum menyapa para peserta workshop di ruangan itu. Entahlah, saat itu saya mendapatkan gambaran sosok wanita dengan inner beauty yang menyenangkan ada dalam dirinya.

“Oh, ini Mbak Frida,” sapanya ketika saya memanggil dan mengulurkan layangan, eh tangan. (Lho, saya kan sedang berada di Gedung Q-Words bukan di lapangan? gumam saya diam-diam.)

“Iya. Wah, Mbak Shinta ngenalin aku,” sahut saya gembira. ^^

“Iya dong. Pangling nih kalo pake kacamata. Cantik.”

“Iih, Mbak Shinta tuh yang cantik.” Mulai kumat. Adu memuji. πŸ˜€

Rasanya seperti mimpi menjadi kenyataan. Perkenalan dan interaksi yang selama ini hanya terjadi di dunia maya terwujud sudah di dunia nyata di acara workshop Fun Blogging sesi 4 di bulan April 2015 lalu di ibukota. Ah, menjadi seorang blogger adalah impian yang sudah sekian lama saya pendam bertahun-tahun. Kini, bertemu dengan para blogger hits dan pegiat penulisan membuat saya semakin terpacu untuk selalu bisa produktif menghasilkan tulisan yang terbaik. (Aamiin.)

Acara workshop itu membuat saya serasa dihujani adrenaline yang membuncah meletup-letup dalam rasa suka cita yang tak tergambarkan. Dalam benak saya, menjadi blogger itu keren. Kenapa? Karena tulisannya bisa dibaca secara world wide, syukur-syukur bisa menginspirasi orang lain. Apalagi kalo jadi blogger hits. Duh, dijamin bakal dapat rezeki bertubi-tubi hanya dari nge-blog. Rezeki berupa apapun dan hanya blogger yang bisa merasakan. Ya Tuhan, saya juga mau dong jadi blogger hits!

Eh, untuk menjadi seorang blogger tentunya harus punya perlengkapan yang mendukung. Perlengkapan apa saja itu? Yuk, kita simak penuturan Shintaries Nijerinda tentang perlengkapan nge-blognya. ^^

Kalo Teman-teman rajin blogwalking pasti sudah kenal Shintaries. Ya kalee, haree genee belum tahu blogger hits berusia 32 tahun yang sudah mulai nge-blog sejak tahun 2005 ini? Wah, udah lama juga yaa nge-blognya. Tapi yaa…seperti kebanyakan emak-emak yang terjun di dunia blogging, aktifitas nge-blog ini ada pasang surutnya. Biasalah, emak-emak kan rempong. πŸ˜€ Begitu pula dengan Shintaries yang karena kesibukannya menumpuk sempat berhenti nge-blog deh. Namun kemudian mulai aktif lagi sejak tahun 2012 sampai sekarang. Nah, di “kebangkitan” nge-blognya yang kedua inilah dia mulai serius nulis dan serius pula mengelola blognya secara profesional.

Ok, inilah daftar perlengkapan nge-blog a la Shintaries:

LaptopΒ 

gold-macbook
kurindukan macbook dalam pelukan ^^ (sumber: cdn.bgr.com)

Untuk orang-orang yang punya mobilitas tinggi sepertinya laptop sih udah jadi benda yang biasa ditenteng. Laptop Macbook seharga Rp 12 juta ini jadi pilihan Shintaries untuk aktifitas blogging-nya. Ok, catat! Macbook lho, ya… ^^ (Duh, sumpah keren banget tuh laptop) *langsung nabung* πŸ˜€

Smartphone

iphone6-silver-select-2014_GEO_US
(sumber: store.storeimages.cdn-apple.com)

Aktifitas blogging tentunya sudah sangat jamak bila harus dilengkapi dengan koleksi foto/video yang menunjang artikel. Nah, pilihan Shintaries jatuh pada iPhone 6 nih. Kemampuan smartphone yang juga dibandrol harga Rp 12 juta (ada apa dengan angka 12?) keluaran Apple yang bisa menghasilkan gambar yang lebih kontras dan dinamis ini tentunya mendukung kegiatan blogging banget, ya. Apalagi iPhone 6 ini memiliki rentang hidup lebih lama dan konsumsi dayanya 20 – 30% lebih rendah. Lebih jauh lagi, iPhone 6 ini menggunakan kamera 1,5 mikron dan f 2.2/aperture yang ditambah dengan fitur-fitur canggih sehingga bisa capture 1080p HD 60 fps dan 240 fps slo-mo. Tentu saja dengan feature yang mumpuni tersebut dihasilkanlah video yang begitu fantastis. Hmm, enggak heran lah yaa kalo iPhone 6 ini jadi pilihan Shintaries. Ok, sip 12 jeti. Yak, catat lagi. (Mari menabung!) πŸ˜€

Mirrorless Camera Fuji Film X-M1Β 

fujifilm-x-m1
kamera retro tapi keren (sumber: blog.kamera-digital.com)

Untuk foto blog, pilihan Shintaries jatuh ke kamera super keren senilai Rp 6 juta ini. Hmm, ternyata iPhone 6 aja enggak cukup, ya. Emang beda sih kalo blogger hits yang profesional mah. ^^ Memanjakan pembaca setia dengan taburan gambar-gambar menawan pastinya tambah bikin betah baca. Ya, kan? Nah, PR tuh buat blogger yang suka bikin “sakit mata” pembaca. Eh? ^^ Hamparkanlah gambar-gambar menawan di blog, ok? Caranya, pake kamera yang ginian! *aksen Jaja Miharja* πŸ˜€ Kenapa harus Mirrorless Camera Fuji Film X-M1?

Harga yang menarik dibanding jenis kamera Fujifilm sekelas tetapi mempunya hasil yang indah bisa didapatkan pada kamera Fujifilm X-M1. Jika selama ini kita merasa kesulitan untuk membawa kamera yang memberikan hasil indah namun memiliki bobot yang berat, maka Fujifilm X-M1 adalah jawaban kamera ringan tetapi hasil tidak kalah dengan kamera berjenis DSLR. Untuk feature sudah lengkap untuk pengaturan setting sesuai dengan kebutuhan, ketajaman gambar juga tidak perlu diragukan lagi dengan sensor berjenis X-trans CMOS berukuran APS-C mampu menjawab segala kebutuhan setiap hari di berbagai kondisi.Β Kamera Fujifilm X-M1 memiliki kemampuan koneksi WiFi yang saat ini sudah mulai diperlukan dalam dunia photography untuk memudahkan kita melakukan transfer foto ke smartphone atau tablet atau komputer untuk di-share pada berbagai situs social networking seperti Facebook, Instagram dan sejenisnya. Mungkin saja jika sebelumnya pada kamera yang tidak memiliki fasilitas WiFi, kita masih bisa melakukan transfer ke komputer dan upload ke sosial media, tetapi untuk melakukan transfer pada kamera yang tidak memiliki Wifi, kita harus menggunakan kabel atau mencabut memory dan dibaca dengan card reader. Hal ini tentunya akan semakin mudah jika kamera kita telah memiliki Wifi, karena semua foto bisa langsung ditransfer tanpa kabel dan kartu memory tetap terpasang pada kamera kita. (sumber:Β http://www.kamera-digital.com/info/pertimbangan-kelebihan-membeli-fujifilm-x-m1-serta-review-kekurangannya.html)

Nah, itu alasannya. Gimana? Mau catat lagi, nggak? ^^ *nabung dibanyakin*

Mau tahu alasan Shintaries? Berikut penuturannya.

“Fokus blogging adalah konten. Jadi berusaha banget konten yang ada di blog itu bisa bagus dan memanjakan pembaca, sehingga diperlukan perlengkapan yang berkualitas dan sesuai. Pertimbangan memilih perlengkapan tersebut karena memenuhi kebutuhan yang enggak hanya blogging tapi juga kegiatan lainnya. Terutama publishing konten di media sosial.”

Dengan ketiga perlengkapan tersebut saat ini, Shintaries merasa sudah cukup memiliki dan belum ada keinginan untuk nambah lagi. Nah, itu tuh poinnya. Bersyukur! Syukuri apa yang sudah dimiliki. Enggak usah mellow lirik-lirik apa yang belum dimiliki. (Apaan sih?) πŸ˜€ Eh tapi, Mbak Shinta. Usul nih. Kalo mau nambah gadget lagi nambah aja atuh. Kan bisa dijadiin hadiah Give Away. Kyaaa….!!! *kabur mendekat disambit iPhone 6*

Nah, untuk urusan posting blog ternyata Shintaries lebih suka pakai laptop karena merasa enggak nyaman pakai smartphone. Ya udah deh, smartphone-nya bisa dihibahkan ke akyuuu… (Heh! Lutuye!) πŸ˜› Smartphone hanya digunakan untuk ambil foto/video sedangkan mirrorless camera untuk ambil foto yang lebih bagus hasilnya. Tapi perlu diingat bahwa smartphone dan camera ini sifatnya tambahan yang diperlukan kalo memang serius untuk blogging yang berkualitas. Sedangkan laptop adalah benda wajib untuk blogger. Gimana? Teman-teman juga nge-blog via laptop? Pastinya ada dong yang lebih mahir meliuk-liukkan Β jari untuk nge-blog via smartphone. Yaa…itu sih masalah selera aja, ya. Juga masalah asas “kepepetisme”. Hahaha… Kayak siapa, coba? *langsung ngaca di iPhone 6* πŸ˜€

Eh, tapi jangan sedih, ya. Untuk urusan kepepet ini, Shintaries juga setuju kalo smartphone (baca: iPhone 6) bisa bermanfaat banget untuk posting blog. Mengapa? Karena smartphone (lagi-lagi iPhone 6 lho ini) punya kualitas kamera dan video yang tinggi speknya. Kemudian terhubung juga ke cloud jadi seperti memiliki memori unlimited. Mau isi foto ribuan pun tak jadi masalah. Aha! Seperti itu? ^^ *kedip-kedip a la Princess SYR*

Dengan gadget andalan di atas, Shintaries lebih suka nge-blog tengah malam di kamar saat kedua anaknya sudah tidur karena waktunya terasa lebih bebas. Aiih, standard emak-emak juga nih, doyan ngalong di jam pocong. Ayo, yang suka begadang midnite tunjuk jarinya? Tuh, banyak kan. Selamat! Kalian berpotensi untuk jadi blogger hits juga lho kayak Shintaries. Ihiiiy… ^^

Last but not least, Shintaries akhirnya memutuskan untuk total jadi blogger karena memang sudah passion-nya banget. Itu yang pertama. Yang kedua, yaa…karena blogging itu cukup menghasilkan! Tentunya ini tentang pundi-pundi rupiah lho, yaa. Eh, dollar juga ding. *pasang mata ijo* Dan yang ketiga, terakhir nih, karena aktifitas blogging tuh waktunya lebih fleksibel sehingga bisa lebih banyak berada di rumah dan juga punya kebebasan waktu untuk jalan-jalan. Psstt…tahu, enggak? Semua gadget di atas itu bisa dimiliki Shintaries dari penghasilan nge-blog lho! Apa aja kebeli kalo kita rajin dan gape monetize blog mah. ^^

Gimana? Jadi lebih semangat, kan, jadi blogger. Yuk, kita semangat bareng-bareng. Dan yang penting, syukuri kondisi “peralatan perang” kita saat ini. Maksimalkan perlengkapan yang ada. Insya Allah ada jalan rezeki untuk punya perlengkapan blogging seperti milik Shintaries, ya! Aamiin.

 

Lots of Love

Frida Herlina

PS. Special thanks to Shintaries. ^^

 

 

referensi: tabloidhape.comΒ 

 

Advertisements

28 thoughts on “Perlengkapan Nge-blog a la Blogger Hits

    1. Hahaha…
      Iya, kak Zata. Aku sih sejak nonton Kena Getok tuh udah ngiler berat sama gadget yg ada di tasnya Shintaries. Macbook udah pasti. Tapi juga iPhone, Fujifilm mirrorless camera, power bank, compact powder, diary/agenda sampe parfum Riri Rihana-nya juga buat aku must have items tuh. Huahaha…
      *lirik dompet suami*
      Moga2 wish list of must have items kita cepat terwujud ya, kak.
      Aamiin. ^^

    1. Samaan mba Cha, bersyukur dulu lah sambil bung menabung haghaghag.

      Mba Shinta ini emang pemerhati banget ya, pas ketemu di FunBlogging pin ia mengenali saya yang apalah apalah. Down to earth, cantik pulak *Iphone mana mba, sini!* <<< tukang palak :p

    1. Wah, keren! Udah kayak wartawan aja nih mas Agung bawa-bawa recorder pas tugas liputan blog.
      Ng…ng…, ngomong-ngomong, punya rekaman suara ayam kejepit jendela ga, mas?
      πŸ˜‚πŸ˜œ

  1. Mengamini doa Mba Frida.

    Semoga makin berkah ngeblognya Mba Shinta dengan alat tempur yang Nge Hits ya!

    Etapi saking hitsnya bisa an niy ngeblog tanpa modem/koneksi inet xixixix LOL
    Mau atulaah…gimana caranya

    Tetep semangat ngeblog

    1. Yay! Tetap semangat nge-blog juga, teh Nchie!
      Dengan wifi gratis maupun berbayar, jalan teruuuss.
      Doa kita semua untuk bisa punya semua gadget keren di atas, ya.
      Aamiin.
      😘😊

  2. Tulisannya keren menginspirasi nih, Mba Frida.

    AIh, kalo Shintaries mah, emang keren dan ngehits abis! Aku jg udah lama tuh mengagumi sosok yang satu ini. Bicara tentang perlengkapan perang blogger. Hm, ituh iphone 6 menggoda banget emang yak? Sayang belum punya budget untuk sebuah hape seharga ituh. Kalo mac, untung udah punya dan sepakat banget, emang jitu cyin! Ayo, pindah ke mac. *Promo. Hehe.

    Turut mengaminkan segala doa dan harapan Mba Frida. Thanks for an inspiring post!

    1. Aaak…kakak Alaikaaaa. Ini dia inspiring blogger yang hits di berbagai seminar!
      *tepuk tangan*
      Glad to know that you like this post, dear kakak.

      Iya tuh, macbook & iPhone rajin banget menggoda aku. ^^ Moga2 kita bisa segera menikmati gadget keren di atas ya. Kencengin lagi aamiin-nyaaa! πŸ˜‚πŸ˜
      Thanks for such encouraging and motivating words, kakak. Love you!

  3. Mauuu jugaaa… Macbook dan Mirrorless bagusss…
    Biar maksimal ngeblognya, hahaha…
    Pakai iPhone emang jadi bikin males bawa kamera,
    hasil fotonya oke soale XD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s