BEHIND THE SCENE: FUN BLOGGING SESI 4

PERSIAPAN

Tanggal 11 April 2015.

IMG_5471
Introducing Danisha, my Baby Dee (6 months old)                               Foto: koleksi pribadi

Teng! Tiba-tiba tanggal itu sudah begitu dekat di depan mata. Mendadak saya menjadi gelisah malam itu. (Aih, serasa gadis pingitan aja gelisah :-P). Berulang kali saya menatap kalender dan bayi saya -yang sedang pulas tidur- berganti-gantian. The show’s about to begin, anyway.

My Baby Dee. Dia yang menjadi penentu terkuat apakah besok paginya saya bisa berangkat ikut acara Fun Blogging atau tidak. Meski jauh-jauh hari saya sudah mendaftar ke acara tersebut dan mempersiapkan diri untuk ikut, tetap saja separuh hati saya merasa berat untuk meninggalkannya seharian nantinya. Belum pernah seharipun Baby Dee jauh dari saya sejak dia lahir. Wajar bila saya mengkhawatirkan keadaannya tanpa saya di sisinya nanti. Tak henti-hentinya saya komat-kamit mendoakan kesehatan dan kesiapan mentalnya agar segalanya berjalan lancar sesuai rencana. Kebayang aja kalo tiba-tiba dia batuk pilek menjelang Hari H. Aduh, bisa gawat dong!

Tetap harus bisa berangkat nih! Kapan lagi bisa ikutan acara belajar blogging seru ini? Mana sudah sesi 4 pula!

Bersyukur saya mendapat perhatian tag acara dari Ummi Haya Aliya Zaki, blogger senior idola kita semua. *tebar-tebar confetti* (Horeee…!! :-D)

Sejak Fun Blogging sesi 1-2-3 tag-tag-tag lewat semua. Ya, gimana lagi ya, Bu? *kibas rambut* Secara habis melahirkan nih badan belum sanggup jalan jauh untuk ikutan kegiatan outdoor begitu. Apalagi saya juga ada keluhan tentang tulang ekor saya pasca bersalin. Ya, namanya juga keluhan. Nggak perlu deh saya share disini. Memang begini ini suka-dukanya kehidupan. Masa iya hidup isinya mengeluh mulu. Mana harga beras juga masih naik. Bawang merah sih udah stabil harganya tapi daun katuk seikat masih lebih mahal ketimbang harga bayam. (Lah, kenapa jadi ngeluh beneran nih?) :V

Oke, fokus. Balik ke tag acara Fun Blogging.

Akhirnya saya bulatkan tekad untuk bisa hadir di acara itu. Harus bisa. Tentunya ijin dulu dong sama Ayahnya anak-anak. Lah iya, anak-anak saya. Masa anak-anak jij (baca: yey)? Hadeuh, kompeni lewat deh. 😀

Hape. Mana hape?

Mulai deh saya ketik pesan singkat ke Ayah.

            Yah, pngn ikut acara Fun Blogging nih. Seharian doang koq. Blh ya?

            Kapan?

            Tgl 11 Apr. Blh ya…

            Trs Adek gmna?

            Yaa sm Ayah lah. Masa ikut? Kasian klo ikut. Bakal seharian dsna. Gmna? Blh ya?

            Ok.

Yesss!! *adegan lonjak-lonjak* Udah ngantongin acc nih dari Ayah. Hepi dong pastinyaa..

Eits, tunggu dulu. Malam menjelang Hari H tiba-tiba koq…

“Aduh. Gimana nih besok kalo Bunda jadi berangkat. Adek kan belum pernah ditinggal. Kalo dia rewel gimana, ya?”  

Wah, Ayah nervous juga nih. Demam panggung rupanya bakal momong Baby Dee seharian. Hihihi…

“Pokoknya Ayah pede aja lah. Kalo Ayah pede, Baby juga nyaman. Intinya sih Ayah tuh harus ikhlas, telaten plus sabar aja koq. Bisa lah, Yah. Ayah pasti bisa,” timpal saya menyemangati Ayah. (Lah, ini kenapa Bundanya yang lebih ‘tega’ ninggal bayi, yak?) 😀

Singkat cerita, keesokan paginya saya bangun lebih awal dan masih sempat memandikan Baby Dee. Subuh-subuh udah bangun tuh bayi. Feeling aja mungkin dia, tau kalo mau ditinggal Bundanya belajar seharian. Saya yang hari itu janjian berangkat bareng sama Ummi Haya juga diberi kelancaran perjalanan. Alhamdulillah. Jalanan masih sepi banget pagi itu. Jadi saya bisa tiba di lokasi sebagai peserta tercepat di urutan ketiga. Horeee…!!! *tebar-tebar confetti lagi*

DI LOKASI

IMG_5357
Happy mommy bloggers, my new friends.          (Ki-ka belakang: Pungky, Frida, Yeye.                    Ki-ka depan: Diah Woro, Mia, Witha)                                         Foto: koleksi pribadi

Setelah melakukan registrasi, para peserta Fun Blogging dipersilakan masuk ke ruangan kelas. Saya berkenalan dengan banyak happy mommy bloggers disana. Beneran lho! Saya yakin banget mereka semua hepi kumpul-kumpul belajar bareng gitu. Wajah-wajah mereka tuh bersinar-sinar ceria dan senang punya teman baru. Eh, bapak-bapaknya juga ada, ding. Meski minoritas, tetep aja para bapak bloggers nih semangatnya cetar banget! Buat saya yang masih newbie di dunia blogging jadi semakin takjub dengan komunitas keren ini. Dalam hati saya bersyukur banget bisa gabung dan punya banyak teman bloggers yang ilmunya jauh lebih hits dibanding ilmu saya. Ini jadi kesempatan buat saya untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari para bloggers senior yang saya kenal disana. *siapin ember buat nimba* :V

Oke, kita lanjut ke sesi belajarnya yuk!

IMG_5359
Ummi Haya Aliya Zaki in action.                                         Foto: koleksi pribadi

Sesi pertama dibuka oleh Ummi Haya Aliya Zaki (eh, ini kalimat pasif, ya! :D) dengan tema Writing Great Content. Blogger dengan prestasi segudang yang hadiah menang lombanya sering bikin saya ngiler berat  ini menekankan agar kita bisa menulis dengan konten yang jelas dan menarik. Tentunya kita pernah membaca blog yang isi tulisannya muter-muter plus pusing-pusing, kan? Ini ide ceritanya apa? Arahnya kemana? Nggak jelas. Udah gitu paragrafnya penuh sesak pula. Bikin capek baca aja. Apalagi tulisannya banyak typo-nya! Jadi pengen kabur, kan?! Nah, hindarilah hal-hal seperti itu. Kalo konten blog kita menarik, pengaturan paragrafnya juga manis, pasti bikin pembaca kita betah baca. Tentunya hal itu yang kita harapkan bersama. Ya, kan? Ya, kan? Iya dong. 😀

Dan yang paling penting konten blog kita harus orisinil. Konten bermuatan plagiat alias copas harus betul-betul dihindari. Terinspirasi sebuah tulisan sih boleh tapi kalo kontennya udah plek ketiplek (pinjem istilah Ummi Haya) nah, ini sudah masuk zona terlarang. Siap-siap aja dapat sanksi sosial dari komunitas blogger. Dikucilkan lah tentunya. Belum lagi sanksi dari Google berupa pencekalan alias di-banned! Oh, tidak!! Itu sangat mengerikan. Pokoknya, sekali lancung ke ujian, aih…mana tahaaan! 😀 (peribahasa ngarang ini mah) 😛

IMG_5385
Mbak Shintaries saat mengawali sesi.                                        Foto: koleksi pribadi

Test! Test! *ketuk-ketuk mikrofon* Are you still with me, happy moms? Happy bloggers? Lanjut baca lagi, ya. Ini belum selesai lho. Duduk manis aja disini.:-D

Nah, sesi kedua tentang Advancing Your Blog Platform dipersembahkan oleh Mbak Shintaries. *buru-buru betulin letak kacamata dan memicingkan mata* Di sesi ini materinya semakin serius secara pematerinya seorang blogger hi-tech begini. Pokoknya kalo deket-deket Mbak Shintaries ini harus ketularan pinter lho. Meski itu cobaan bagi saya. Ibarat platform android tuh beliau udah Kit Kat sedangkan saya masih bercokol di Gingerbread! Huwaaaa… *nangis gerung-gerung*

Kebayang kan, betapa pontang-pantingnya saya mencoba mengejar dan menelan ilmu dari Mbak Shintaries yang wuuuzzz…wuuuzzz begitu?? Hikk…

Emang belajar apa sih?

Makanya ikut Fun Blogging sesi 5 dong! Daftar gih, buat belajar tanggal 26 April besok. Jiahahahaaa… *ditimpuk duit segepok sama pembaca* 😛 (Timpuk kan biasa pake bantal. Ini malah milih pake duit.) Oke, oke. Sabar, ah! Lanjut, ya.

Yang jelas, kita dibimbing untuk memilih layout untuk blog. Pilih layout yang memudahkan untuk dibaca. Membaca blog via gadget itu kan bikin lelah mata juga. Kebayang aja kalo layout-nya super alay gitu. Apalagi kalo pake warna jreng pula. Tambah bikin capek aja. Plus bikin nyolot bacanya kalo ternyata konten blog tersebut hasil copas! Copas dari artikel karangan kita pula! Entar malah kepancing banting gadget deh pas baca blog tersebut. Jiahahaaa…sabar ya, Bu! 😀

Nah, bagian yang judulnya Analytics tuh yang lumayan bikin kepala saya nyut-nyutan. Ya, maklum deh. Namanya juga Gingerbread. Loading-nya lama, Bu! Saya yang masih awam banget ini harus belajar banyak untuk topik Analytics tersebut ke pakarnya. *colek Mbak Shintaries* 😀

Selain karena kepala saya nyut-nyutan, jam segitu tuh saya juga resah gelisah akibat meninggalkan aktifitas rutin saya. Ya, saya kan busui aktif. Kebayang dong dari jam 6 pagi sampai sesi jam 11-an tersebut saya belum pumping! Teman-teman mommy bloggers yang hari itu tau kalo saya ninggalin baby dan nggak bawa alat pumping sontak pada menjerit di toilet. “Aduh, Mbak! Ngilu banget! Pasti nggak nyaman tuh.”(Sambil refleks peluk dada masing-masing) Hehehe…, seru ya, kalo punya teman baru yang pada empati begini. Ya, secara mereka kan juga mommies. They have been through it, of course!

Ini kenapa malah bahas obrolan di toilet? *garuk-garuk hidung Barbie*

Ya, namanya juga liputan Behind the Scene, jadi banyak dramanya. Hahaha… 😀

IMG_5436
Teh Ani Berta siap menjawab pertanyaan.                                 Foto: koleksi pribadi

Nah, sesi terakhir tentang How to Monetize Your Blog Through Branding dipresentasikan oleh Teh Ani Berta nih yang bikin mata melek lebih lebar karena ‘efek samping’ menjadi blogger tuh bisa mempertebal kocek. Hehehee…asiiikkk.

Nggak nyangka ya (ya, nyangka lah :-P), kalo hobi nulis ini malah bisa jadi profesi yang menyenangkan. Buat saya pribadi sih, yang penting latihan nulis aja terus. Tetap produktif nulis aja meski sambil menidurkan atau menggendong Baby Dee. Hehehee…

Perkara nanti bakal dapat keuntungan plus-plus yang menggembirakan sekaligus membanggakan dari dunia blogging itu sih bonus aja buat saya. Hehehee…(lagi).

Kesimpulannya: tetap semangat aja menulis, tetap konsisten dan produktif. Tujuan saya sih, bisa bikin tulisan yang menghibur dan bermanfaat bagi orang lain. Semoga kita semua bisa jadi bloggers yang orisinal dan berprestasi. Aamiin.

Kita belajar sama-sama, ya. Oke deh, kalo begitu. 😀

PENUTUP

Wah, udah mau closing aja nih?

Iya lah. Saya kan juga harus bagi-bagi waktu untuk porsi yang lain. *sok sibuk* 😀

Setelah seru-seruan sesi belajar bareng bloggers cihuy diatas, tibalah sesi penutupan yang ditutup dengan acara foto-foto heboh. Tapi kehebohan berfoto itu justru mempererat ikatan pertemanan kami. Uhuyyy! Benar-benar tiada kesan tanpa kehadiranmu, kawan. 😀

IMG-20150413-WA0024
Menanti jemputan di sore hujan.                   (Ki-ka: laki-laki tak dikenal sedang kehujanan, Uchie, Ristin, Frida, Mia, Ghina, Sera)                                                Foto: Ghina

Cuaca hujan pasca acara menjadi penutup keseruan dan kelelahan kebersamaan kami seharian. Dan sudah bisa ditebak lalu-lintas di ibukota saat weekend plus hujan begini. Beruntung saya bisa pulang bareng Ghina, mommy blogger yang ditemani Sera, putrinya yang cantik dan lucu. Meski katanya pendiam, tapi Sera berani tampil tuh ngajarin saya tip toe ala ballerina. Hihihii… Sesekali dia juga curi-curi pandang sambil cekikikan sendiri. Duh, jadi gemes. Jadi ingat Baby Dee juga. Setiba di rumah, saya disambut dengan kelegaan yang terpancar di wajah Ayah. Baby Dee juga tersenyum kegirangan dan tak henti-hentinya menatap saya. Oh, I’m all yours, Baby. Saya dekap Baby Dee erat-erat. Hmm… *seketika sunyi senyap*                                                   Alhamdulillah, semuanya lancar dan baik-baik saja.

Oke, moga-moga tulisan ini menghibur dan bermanfaat, ya. Saya juga masih harus terus belajar untuk menulis lebih baik koq. Untuk teman-teman bloggers, saya ucapkan terima kasih! (ini bersungguh-sungguh lho, kan pake tanda seru)

Keep in touch, dear friends. You are parts of me now. 🙂 

IMG_5442
Sampai jumpa!                                         (Ki-ka: Ghina, Teh Ani, Ummi Hayya, Frida, Dian, Mbak Shintaries)                                                   Foto: koleksi pribadi
Advertisements

17 thoughts on “BEHIND THE SCENE: FUN BLOGGING SESI 4

    1. Halo, kakak Sera sayang!
      Salam kenal balik dari dedek Baby Dee nih.
      Iya, insya Allah nanti pas udah gede bisa main bareng pas kopdar, yaa..
      Seneng deh udah mampir ksni! Makasih! Muach..

  1. wkqkqkqkqkw.. ini gaya tulisannya memang menunjukkan orangnya.. ketiplek #eh botol asi kayaknya hahahahahahha… tp beneran asik dibaca! lucu, menghibur.. btw.. sama lhoo anakku yg ke dua jg dari lahir sampe skrg blm pernah aku tinggal, makanya ni dari mulai kopdar kopdar ini mulai bljr dia bs ditinggal. dan sama.. papanya jg nanya awalnya, nanti Fa gmn? qkwkwkwkkkwkq.. dasar bapak2 belum dicoba udh nanya duluan hahahahha.. udah ah.. aku klo sama mbak frida ini bs ngoceh mulu nanti. ini nanti isinya dah cocok buat postingan baru, bukan disebut komen lagi.. hahahaahahahahha… #hap tutup mulut, lebar banget tawanya yaa.. hahahahhaa… tu kan ktawa lagi.. hihihi..

    1. Haaiisstt!!! Ini ngapain yak posting dimari?
      *sumpal mulut Ris pake donat eh, botol susu*

      Haloooo!!!
      Seneng deh ktmu lg dsni. Iya gpp komen panjang ala postingan mah monggo aja.
      Sante ciiiinn… 😀

      Wah senasib yak kita!
      Iya, biasalah Bapak2 suka nervous aja momong anaknya sndri. Pdhl toh BISA!! Hehehee…

      Syukur deh klo suka tulisan ini. Makasih ya!
      Yg jelas ttp rajin belajar. Muuaacchh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s